Perjalanan Pagi 6: Salam

Pagi ini MSG lagi, kalo dalam makanan MSG (Mono Sodium Glutamat) itu penyedap. Tapi penyedap yang menurut sebagian orang berbahaya, bisa menyebabkan pertumbuhan sel-sel kanker. Sebagian orang juga tidak mau pake MSG karena ditengarai mengandung bahan-bahan haram, seperti tulang babi dan semacamnya.

Bedanya, MSG disi bukan penyedap tapi Morning Spritual Gathering. Apa itu, adalah apel pagi yang dibalut dengan pengajian semacam kultum. Selain untuk membiasakan hadir tepat waktu, kegiatan ini juga untuk memberikan siraman rohani sebagi bekal beraktifitas seharian.

“Hak muslim terhadap muslim lainnya…” Begitulah sang pemateri membuka. Hak adalah sesuatu yang harus dipenuhi. Sedangkan kewajiban sesuatu yang harus dilaksanakan. Hak yang pertama adalah ketika bertemu mengucapkan salam.

Assalamualaikum,  peace be upon you, Semoga kedamaian dilimpahkan padamu. Adalah sebuah doa bagi seorang muslim pada muslim lainnya. Doa yang setiap saat setiap waktu diucapkan. Kedamaian, itu indah, tenang, tentram, nyaman sesuatu yang konotasinya positif. Kedamaian tidak bisa dibeli dengan uang. Kedamaian adalah bahasa hati. Kedamaian tidak mesti dimiliki orang kaya, kedamaian melewati kaya dan miskin, strata sosial. Kedamaian itu letaknya dihati.

Dalam doa diatas, tidak memohon bagaimana caranya agar mendapatkan kedamaian. Ibarat orang berjalan tidak disebutkan bagaimana cara dia berjalan, menggunakan kendaraan apa? Tapi yang dimohon adalah bagaimana dia sampe tujuan yang diinginkan. Sama juga dengan doa dalam salam, seolah menyerahkan semua cara dan metode pada Allah untuk mendapatkan kedamaian. Tawakkal pada Allah, untuk memberikan cara terbaik sesuai dengan individu yang didoakannya.

Kalo kita berfikir lebih jauh tujuan hidup kita, apapun yang kita lakukan, apapun pangkat dan jabatan kita semua hasil menginginkan kedamaian. Entah kemudian kedamaian itu didapatkan lewat kekayaan hingga dia tidak sulit dalam menjalani hidup, atau dengan pangkat dan jabatan sehingga banyak orang hormat padanya, yang penting semua itu adalah sarana. Yang di inginkan adalah kedamaian.

Dalam perjalanan hidup seorang muslim Allah-lah muara dari semua perjalanan hidupnya, mengapa demikian? Karena dengan bermuara pada Allah hidup manusia akan menemui kedamaian.  Sesuai dengan asal kata Islam, salam yaslimu islaman yang artinya adalah kedamaian.

Oleh karena itu marilah kita senantiasa membudayakan salam dalam setiap perjumpaan kita sesama muslim agar hidup kita selalu damai dan tentram. Ucapkanlah salam dengan hati yang tulus ikhlas agar Allah selalu mengbaulkannya.

About Light 4 All

Berbagi untuk Bersama

Posted on May 28, 2013, in Inspirasi Kita, Tarian Pena and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Memberikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s