Pembelajaran Online – EDU 2.0 (3)

Sobat ketemu lagi neh, moga ga bosen ya hehe…. tiada lain maksud share ini adalah ingin maju bersama. Mohon maaf jika di tutorial-tutorial yang saya buat banyak terjadi kesalahan. Jika memang demikian mohon saran dan kritiknya.

Pada bagian ini kita akan belajar tentang bagaimana membuat kelas di EDU 2.0. Saya asumsikan Anda sudah membaca bagian 1 dan bagian 2 tutorial ini.

Sekarang akan belajar bagaimana membuat kelas online di EDU 2.0

Coba perhatikan gambar 3.1 dibawah ini.

Gambar 3.1: List Kelas di Akun EDU 2.0

Gambar 3.1: List Kelas di Akun EDU 2.0

Di gambar tersebut diatas kita masih belum mempunyai kelas. Kalau diibaratkan di suatu instansi pendidikan berarti kita hanya terdaftar sebagai guru tapi belum belum punya kelas /murid untuk diajar. Yah kayak belum terima SK Pembagian Tugas dan Jadwal Kelas gitu dech… hehehe.

Oke, sekarang kita akan membuat kelas caranya, arahkan kursor ke Kelas-kelas kemudian pilih Tambah seperti gambar 3.2 dibawah ini.

Gambar 3.2: Menambahkan Kelas baru

Gambar 3.2: Menambahkan Kelas baru

Maka akan muncul dialog seperti gambar 3.3.

Gambar 3.3: Mengisi Spesifikasi Kelas

Gambar 3.3: Mengisi Spesifikasi Kelas

Dalam praktek ini penulis mengisi Identitas kelas sebagai berikut:

Name : X TKJ 3

Kode Akses : Yes (centang aktif, artinya setiap siswa yang ingin masuk dia membutuhkan Kode sebagai kuncinya)

Duration : 1 Januari 2014 s/d 31 Mei 2014 (atau kira-kira 1 semester lah)

Subject : Komputer (Silahkan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan di menu pop up)

Grade : 10 to 10

Detail mengisinya Kurang lebih seperti gambar 3.4.

Gambar 3.4: Contoh Pengisian Identitas Kelas

Gambar 3.4: Contoh Pengisian Identitas Kelas

Jika Anda rasa pengisian identitasnya sudah lengkap silahkan klik tombol Save.

Kemudian akan muncul halaman seperti gambar 3.5 dibawah ini.

Gambar 3.5: Fitur-fitur dalam Pengelolaan Kelas

Gambar 3.5: Fitur-fitur dalam Pengelolaan Kelas

Ada beberapa fitur terlihat di gambar 3.5 diatas. Dan yang sedang aktif adalah fitur News disana ada Post Announcement dan RSS feeds.

Coba sekarang kita klik fitur Post  maka akan diarahkan untuk menuliskan postingan, yah hampir sama dengan kita menulis status di FB. Seperti gambar 3.6 dibawah ini.

Gambar 3.6: Menulis Catatan atau status untuk Siswa

Gambar 3.6: Menulis Catatan atau status untuk Siswa

Di gambar 3.7 dibawah ini contoh menuliskan catatan buat siswa.

Gambar 3.7: Menulis Catatan

Gambar 3.7: Menulis Catatan

Jika catatannya sudah cukup silahkan Anda klik Kirim yang ada dikanan bawah.

Hasilnya seperti terlihat pada gambar 3.8

Gambar 3.8: Status catatan

Gambar 3.8: Status catatan

Sekarang kita akan coba membuat Pengumuman atau dalam bahasa Madura-nya P Announcement hehehehe…. Caranya klik Announcement maka akan keluar dialog seperti gambar 3.9.

Gambar 3.9: Announcement

Gambar 3.9: Announcement

Sekilas hampir sama kan?? Pasti kita akan bertanya apa bedanya dengan Post /Catatan?? Kalo di Post hanya ada fasilitas Kirim dan Batal saja, Sedangkan di Announcement ada 3 yakni:

Kirim : Untuk mengirimkan pesan /status

Send & Notify : Kirim dan beritahukan

Batal : Untuk membatalkan kiriman

Kita pilih Send & Notify saja biar sekalian di informasikan pada siswa, yach seperti notify (pemberitahuan) di FB gitu dech…

Oke selesai dulu ya, dah adzan dhuhur nech…. Semoga Allah masih mempertemukan kita pada pembahasan Pembelajaran Online – EDU 2.0 bagian 4. Ok See U… Semoga bermanfaat.

About Light 4 All

Berbagi untuk Bersama

Posted on June 4, 2014, in Belajar, Media Pembelajaran, Tip and Trik. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Memberikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s