Ide Kreatif sang Bos

Demi masa; Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. (Al-Ashr 1-2)

 Memaknai hadits perkata, gaya pesantren dalam mengembangkan ilmu pengatahuan. Itulah gaya Pak Fahri setiap mengisi Morning Spritual Gathering. Apel pagi yang sekaligus dikemas dengan pengajian. Hal itu tidak lepas dari background pendidikan beliau yang pernah nyantri selama beberapa tahun tepatnya di Madura tempat kelahiran.

Ibda’ binafsik! Semangat yang sering disampaikan Pak Fahri kepada para PTK dilingkungan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Untuk mengajak pada hal yang baik harus dimulai dari diri sendiri sebagai da’wah bil hal. Rasulullah saw bersabda Lisanul Hal Afsohu min Lisanil Maqal – Lidah perbuatan lebih Fasih dibanding hanya menceramahi. Memang bangsa kita ini sekarang sedang mengalami krisis ketauladanan. Tidak banyak figure yang bisa dijadikan suri tauladan. Yang bisa dijadikan inspirasi dalam kehidupan.

Hal itulah yang coba digagas oleh Pak Fahri dalam mengawali perubahan di lembaga ini. Jika ingin para murid tidak terlambat harus diawali dulu dari para guru. Jam pelajaran dimulai jam 07.00 siswa harus sudah standbay disekolah 5 menit sebelumnya. Secara tidak langsung para dewan guru juga harus lebih awal ada disekolah.

Jam 06.40 MSG dimulai. Para PTK berdiri layaknya apel pagi. Mendengarkan ceramah yang disampaikan pemateri hari itu. Sebelum mereka mentransformasikan ilmu kepada anak didik disiram dulu rohaninya, dibekali dengan nilai-nilai spiritual agar menjadi guru itu tidak hanya mengajar tapi juga mendidik.

Faidaa faraghtafan shab – Jika kamu sudah merampungkan 1 pekerjaan bersegeralah untuk mengerjakan yang lain. Dalam banyak surat Allah bersumpah dengan waktu. Mengindikasikan bahwa betapa pentingnya waktu bagi kehidupan kita. Siapa yang terlambat dia tergilas. Setiap hari, setiap jam bahkan setiap detik waktu kita terkurangi, pertanyaannya adalah sudahkah waktu-waktu yang berlalu itu sudah diisi dengan amal shalih?

Sesuatu yang tidak biasa memang cenderung mendapatkan reaksi. Untuk menjadi luar biasa memang harus mampu berperilaku tidak biasa. Makanya, orang luar biasa itu selalu lebih sedikit dari orang yang biasa. Itulah yang dalam kultur kami disebut dengan differensiasi. Yakni, setiap waktu kita harus mencari sesuatu yang tidak biasa agar menjadi luar biasa. Bukan biasa diluar loya hehehe….

Differensiasi itu lambat laun telah menjadi kultur. Alhamdulilah ditempat kami jika hanya biasa-biasa saja dia akan mengalami seleksi alam. Mau tidak mau akan ikut arus untuk menjadi orang yang tidak biasa.

MSG adalah satu gagasan yang tidak biasa. Dimana semua PTK (Guru dan Karyawan) harus berada ditempat yang sama pada jam yang sama. Tidak peduli dengan jarak masing-masing, apapun alasannya mereka harus ikut aturan main. Awalnya memang banyak cemo’ohan bahkan anggapan miring akan gagasan tersebut.

Ternyata waktu telah menjawabnya, MSG telah mampu menjadikan karakter pengulur waktu alias sering terlambat menjadi tergerus. Dan MSG ini juga efektif dalam mentransformasikan setiap inci perkembangan sekolah. Mulai dari pembangunan sarana, isu-isu terbaru tentang dunia pendidikan sampe masalah-masalah kecil yang terjadi pada siswa. Hal ini juga sebagai sarana agar setiap individu yang ada dilembaga ini tahu posisi lembaga ini.

Peran agama dalam menjaga stabilitas hidup ini memang sangat vital. Agama telah menunjukkan manusia kemana dia harus melangkah, dengan apa dia harus menyikapi persoalan hidup yang dia hadapi. Agama sebagai pedoman untuk meraih hidup bahagia didunia dan kehidupan setelah dunia. Itulah salah-satu factor dicetuskannya ide MSG ini. Guru juga manusia, Karyawan juga manusia. Masalah dalam kehidupan dunia ini seperti bumi dan langit. Siapa yang tidak ingin punya masalah dalam hidup sama halnya dengan ingin hidup tanpa harus dilahirkan. Sadar dengan hal itu materi MSG menjadi jawabannya. Diantara sekian ratus guru dan karyawan tidak mungkin semua bebas dari masalah. Untuk menjaga stabilitas hati aktifitas hari ini dimulailah dengan MSG. dimana kajian Ayat Al-Quran dan Mutiara hadits menjadi materi utamanya. Harapannya sebelum melakukan aktifitas jiwa-jiwa yang bermasalah sudah kembali pada garisnya, garis yang benar dalam undang-undang agama Islam.

About Light 4 All

Berbagi untuk Bersama

Posted on August 7, 2014, in Inspirasi Kita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Memberikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s