Salahkah seorang Ibu…?

Seorang khatib bercerita ketika mengisi shalat jumat. Pada malam Raya Idul Fitri ada seorang anak minta uang pada Ibunya tepatnya sekita jam 15.30 WIB. Sang Ibu yang pada saat itu sudah banyak pengeluaran untuk menyambut hari Raya Idul Fitri tidak bisa memenuhi permintaannya. Tapi sang anak tetap saja ngotot minta uang, bahkan sampai dengan kata-kata yang kasar. Karena mungkin sang Ibu sudah ga tahan dan marah ucap sang Ibu “Lek ngene carane angor koen muleh wujud maesan ae”, kurang lebih artinya “Kalo begitu (kamu kasar) mending kamu pulang dalam wujud maesan saja”.

Kata-kata sang Ibu mungkin hanya sekedar pelampiasan marah saja, tapi ternyata malah berujung petaka. Sekitar Jam 18.30 WIB pergi bersepeda dengan temannya dan ternyata kecelakaan. 1 orang langsung meninggal ditempat dan satunya lagi 4 hari kemudian meninggal dunia.

Cerita diatas kejadian nyata di salah-satu desa kecamatan Gondanglegi.

Tiada seorang Ibu yang tega melihat anaknya menderita, tiada seorang Ibu yang ingin anaknya celaka. Tapi seorang Ibu juga manusia yang saat tertentu akan khilaf karena ulah dan tingkah-laku mengjengkan anaknya.

Ibu telah mengandung 9 bulan, melahirkan dengan mempertaruhkan nyawanya kemudian mengasuh sampai dewasa. Apa yang telah diberikan sang anak untuk membalas jasa-jasanya. Tidakkah seucap kata yang rendah dan sopan berhak ia dapatkan.

Rasulullah saw bersabda: Ridhallah fi ridhal walidaian, Syuktullah fi syuktil walidain. Malah lebih jauh beliau juga bersabda bahwa Surga itu berada di telapak kaki Ibu.

Semoga kita termasuk orang-orang yang berbakti pada orang tua, teruma pada Ibu kita.

About Light 4 All

Berbagi untuk Bersama

Posted on August 9, 2014, in Inspirasi Kita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Memberikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s