Tergesa-gesa

Innalillahi wainnaa ilaihi raajiuun. Telah meninggal dunia Bapak dari Bpk ***** hari senin 19-1-2015 di klaten.

Begitu bunyi sms itu masuk ke HP. Saya kaget langsung telpon teman yang bersangkutan. “Semoga ada yang ngangkat pikirku..” Karena minimal saya dapat keterangan lengkap siapa yang meninggal.

Saya tanya:

“Pak ***** apakah Jenengan sehat”. Itu tanyaku pertama kali setelah ada suara di seberang.

“Inggih Pak sehat…”. Kemudian saya sudah tidak mendengar lagi kata-katanya. Mungkin sinyal kurang bersahabat diposisi dia berada. Kemudian saya tutup telpnya.

Dalam hati saya lega, suara di seberang adalah suara teman saya. Berarti masih sehat dan HIDUP. Perlahan saya buka lagi SMS-nya ternyata bunyinya: Telah meninggal dunia Bapak dari bpk*****. Artinya yang meninggal adalah Bapaknya teman saya bukan teman saya. Ternyata saya tertipu dengan dengan kata Bapak yang pertama dan istilah Bapak yang kedua.

Dari kejadian itu ada hikmah yang perlu saya sampaikan. Saya telah terburu-buru menyimpulkan berita tanpa teliti melihat kontennya dengan jernih. Bayangkan jika itu terjadi pada presiden dengan keputusannya tidak diteliti dan ditelaah dengan hati-hati maka keputusannya akan luar biasa dampaknya. Atau terjadi pada pejabat publik yang setiap keputusannya berkaitan dengan nasib bangsa. Untung, keteledoran saya hanya pada berita duka, buka teledor pada hal-hal substansial.

Dalam Al-Quran disebutkan bahwa terburu adalah perbuatan setan. Karena akibatnya orang bisa was-was. Ketinggalan barang, ragu dalam mengambil keputusan. Dan tidak berani mengambil tindakan. Itulah sebagian akibat dari ketergesa-gesaan.

Hampir semua orang yang suka buru-buru hidupnya tidak teratur. Dia seperti dikejar waktu, dikejar pekerjaan. Seolah-olah jika tidak cepat-cepat semua akan jadi hilang, gagal, buyar!!!! Hal itu juga akan dengan sendirinya menjadi karakter jika dilakukan terus menerus, sehingga dalam kondisi yang seharusnya santai sekalipun dia akan buru-buru. Semoga kita termasuk orang yang tenang dan tidak buru-buru dalam setiap aktifitas yang kita lakukan.

About Light 4 All

Berbagi untuk Bersama

Posted on January 20, 2015, in Inspirasi Kita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Memberikan Komentar

