Semangat Pagi

Dalam apel pagi hari ini membahas tentang kematian. Bahwa, semua makhluk yang bernafas akan menemui ajalnya. Dan ketika ajal itu datang tidak ada yang bisa memajukan atau memundurkannya walau sedetik. Dan kematian ini selalu mengintai setiap saat. Tidak perduli sudah tua atau masih muda, semuanya serba mungkin. Tampaknya Allah sengaja merahasiakan waktu kematian ini untuk semua orang, agar kita senantiasa siap siaga setiap saat.

Saat nyawa manusia sudah berada dikerongkongan maka segala pintu taubat sudah tertutup baginya. Walaupun Allah akan mengampuni semua dosa selain syirik, akan tetapi pintu pengampunan ini akan tertutup manakala manusia sudah skaratul maut. Perbuatannya selama di dunia akan menemani selama penantian di alam barzah (kubur). Jarak alam barzah dan akherat seperti dibatasi dinding. Disinilah semua manusia yang sudah meninggal berada, dalam masa penantian yang panjang menunggu hari dimana semua amalnya akan diaudit. Hari itu disebut hari audit atau yaumul hisab.

Selama penantian teman kita adalah amal perbuatan selama didunia. Bisa dibayangkan penantian yang panjang ditemani oleh perbuatan jelek, niscaya akan menjadi penantian yang menyesakkan, menderita. Sebaliknya, jika selama penantian ditemani dengan amalan baik, sungguh alangkah indahnya. Dia seperti orang ngantuk memukan tempat yang nyaman untuk merebahkan badan.

Jika anak Adam sudah meninggal putuslah semua amalnya, tidak ada pahala yang bisa dia peroleh untuk mengurangi penderitaannya. Kecuali 3 hal: Amal Jariyah, Ilmu yang bermanfaat dan Anak sholeh yang mendoakan orang tuanya. Hanya 3 bentuk investasi itulah yang bisa membantu manusia dikala semua pintu tertutup untuknya.

About Light 4 All

Berbagi untuk Bersama

Posted on January 21, 2015, in Inspirasi Kita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Memberikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s