Live from France (12) Angin dan Ombak Lokasi PLTB

FECAMP – Listrik merupakan sumber energy yang sangat vital keberadaannya. Hampir semua kebutuhan sehari-hari membutuhkan energy listrik. Apalagi di Negara-negara maju dikawasan Eropa ketersediaan listrik yang cukup menjadi keniscayaan untuk
keberlangsungan hidup mereka.

Karena di Perancis volume angin sangat besar, salah-satu sumber energy yang sedang mereka galakkan adalah Wind Turbine (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu). Hari ini kami berkesempatan mengunjungi lokasi pembangunan pembangkit yang memanfaatkan tenaga angina itu di daerah Fecamp, Provinsi Haute-Normandie.

Menggunakan kapal kecil yang biasanya untuk turis kami berlayar dari pantai Fecamp. Angin begitu kencang menerpa, sehingga kami harus menggunakan 2 sampai 3 jaket agar terlindung dari masuk angina dan mabuk laut. Sang Kapten, Austerix begitu garang kelihatannya. Tampak ketegasan di wajahnya yang keras. Tidak ada senyum, dia hanya memperhatikan awak kapal yang sedang menebarkan layar.

Bunyi mesin pun menderu-deru, sesekali timbul tenggelam bercampur dengan tamparan ombak ke bibir kapal. Sesekali terguncang seolah oleng dan mau tenggelam. Tapi itu hanya terjadi beberapa saat. Posisi kapal kembali lurus dan seimbang. Karena angina dan kuatnya hantaman ombak salah-satu kru akhirnya tidak tahan dan muntah….

Harapan dan semangat muncul kembali ketika melihat tower dan batas-batas lokasi proyek sudah mulai tampak. Bayangan kami semula, area pembangunan proyek itu berada di sebuah pulau kecil seperti pulau Sempu (pulau kecil tempat wisata di daerah Malang Selatan). Ternyata salah, lokasinya berada di laut lepas. Tower yang di dominasi warna kuning dan beberapa sensor yang ditanamkan untuk mengambil data-data penting yang akan dijadikan acuan untuk penggarapan proyek tersebut.

Dengan design menyerupai mangkok (posisi tengkurep) di kedalaman 30 meter pondasi Wind Turbin akan dipasang. Panjang tiang 125 m dengan diameter baling-baling 75 m. Bisakah setiap unit Wind Turbin pada posisi ajeg (tidak bergeser karena angin dan ombak). Dengan beban 5000 ton dikaki tiang dipastikan posisinya tetap aman (tidak bergeser).

Rencananya akan dibangun sebanyak 83 unit Wind Turbin dengan kapasitas 6MW/ unit. Jadi total kapasitas mencapai 498 MW. Kapasitas tersebut diharapkan mampu menyuplai kekurangan listrik disekitar Normandie. Sebenarnya, di pantai sebelah kanan tedapat beberapa unit Wind Turbin, tapi tidak bisa dipergunakan maksimal dan lokasinya kurang strategis.

Setelah diskusi dan mengambil beberapa gambar kami pun kembali kea rah pantai. Sang Kapten, yang sebelumnya hampir diam dan tidak berkomentar selama perjalanan tiba-tiba keluar dan bertanya, maukah kami disuguhi beberapa makanan yang terbuat dari ikan? Awalnya kami enggan, tapi karena ingin menghormati kami pun mengiyakan. “Sound Good…!” Katanya dengan wajah girang.

Tidak lama kemudian, piring-piring sudah tertata rapi dengan penuh ikan diatasnya. Berbagai jenis ikan dan variasi cara penyajiannya. Tidak lupa beberapa irisan buah dan sayur semakin mempercantik tampilan. Rasanya ternyata begitu enak, sangat enak. Dengan penuh semangat sang Kapten berkata: “You eat as much as you want…”. Katanya sambil menawarkan juice kepada kami.

Menurut sang Kapten: Semua kru kapal harus bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Jika satu saja tidak kerja system akan rusak. Dan dia (yang tidak kerja) akan di jewer…”. Katanya sambil memegang telinga kanannya dan tertawa lepas.

About Light 4 All

Berbagi untuk Bersama

Posted on August 27, 2015, in Perjalanan ke Perancis. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Memberikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s