Live from France (14): Ini Pabrik apa Sekolah?

Saat kami masuk ruangan tidak ada yang menoleh, hanya ada 1 orang: namanya Allan, langsung menyongsong kedatangan kami. Semua orang fokus pada pekerjaannya masing-masing. Ada yang sibuk bongkar pasang kabel, ukur temperatur, ada juga yang bolak-balik melihat tabung berisi air dan membandingkan datanya dengan data yang ada di monitor.

Ditambah lagi suara bising dari putaran motor disalah satu sudut ruangan. Pipa panjang menghubungkan antar alat terlihat rapi, berangkulan dan berdempetan. Beberapa pipa terhubung dengan tabung-tabung besar. Entah bahan apa yang ada didalamnya yang jelas tampaknya alat satu dengan lainnya saling terkait.

Itulah gambaran sekilas suasana pembelajaran di BTS (Brevet de Technicien Supérieur). Ada banyak macam BTS dengan spesiality-nya masing-masing. Hari ini kami diberi kesempatan untuk melihat secara langsung kegiatan di BTS CIRA (Contrôle Industriel et Régulation Automatique), jurusan yang mempelajari tentang device yang berkaitan control, peralatan produksi dan juga berkaitan dengan system otomatisasi yang ada di dunia usaha dan industri.

Ruang praktek didesain persis seperti sebuah pabrik dengan berbagai jenis peralatannya. Dari proses awal desain produk, memproduksi sampai packaging (pengemasan produk). Jadi semua aktifitas disini tidak jauh berbeda dengan suasana di real industry. Apalagi sebagain besar sekolah-sekolah di Prancis tidak memberlakukan seragam untuk siswa dan gurunya. Semakin tidak terlihat bahwa sebenarnya mereka adalah para siswa yang sedang praktek.

Setiap praktek siswa berkelompok, terdiri 2 sampai 3 orang per kelompok. 1 kelompok menangani 1 blok project. Misalnya pas kami kami datang kebetulan langsung melihat simulasi konveyor[i] membawa botol, dengan menggunakan sensor, botol berhenti ditempat pengisian (bahan cair), menutup dan segel, kemudian kenveyor membawanya ke lokasi produk yang sudah siap.

System yang berkaitan dengan produk di konveyor ditangani oleh 1 kelompok. Pun juga sama dengan blok project yang lain. Setiap kelompok mempunyai waktu 1 minggu untuk mendalami blok projectnya. Pada minggu  berikutnya akan berpindah ke blok project yang lain. System rotasi seperti ini akan berakhir dalam 2 tahun sampai akhirnya mereka dinyatakan lulus.

Artinya, dalam 2 tahun siswa BTS CIRA diasumsikan sudah mendalami semua blok project. Perlu diketahui bahwa BTS itu sekolah setingkat diploma khusus industrial technic selama 2 tahun, yang mendidik lulusannya untuk siap kerja. Terbukti banyak perusahaan-perusahaan besar mempercayakan karyawannya/ merekrut calon karwayannya dari BTS. Misalnya Total (semacam Pertamina), EDF (Perusahaan Listrik), Exxon Mobil dan perusahaan lainnya.

Allan dengan sabar dan telaten menjelaskan banyak hal tentang kegiatan siswanya. Kebetulan dia juga pernah ke Indonesia 2 tahun yang lalu sehingga bisa menjelaskan secara detail tentang BTS termasuk komparasinya dengan pendidikan yang ada di Indonesia.

Persyaratan masuk ke BTS harus lulus baccalauréat[ii] (mempunyai ijazah setingkat SMA, Lycee). Begitu lulus Lycee siswa bisa langsung masuk BTS atau kerja dulu di pabrik. (bersambung).

[i] Peralatan mekanis yang berfungsi untuk memindahkkan barang

About Light 4 All

Berbagi untuk Bersama

Posted on August 27, 2015, in Perjalanan ke Perancis. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Memberikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s