Live From France (8) To Be a Self Driver

FECAMP – Belajar artinya berfikir, itulah yang dikatan oleh Renald Kasali dalam buku Self Driving. Seorang pelajar tidak hanya bisa menghafal teks pelajaran akan tetapi mampu berfikir bagaimana cara memperbaiki cara berfikirnya dan menjalani hidup yang menantang ini. Tidak hanya menjadi Passenger tapi Driver yang mampu mengarahkan dirinya pada kondisi yang lebih baik.

Begitu sampai di Prancis, kami tidak
langsung disuguhi rangkaian program yang harus kami jalani layaknya passenger, tetapi kami bebas memilih lembaga mana yang akan kami jadikan tempat observasi dan bidang apa yang menjadi objek pengamatan kami. Untuk tujuan itu kami dipertemukan dengan pada kepala sekolah dan staf yang akan menjadi medan kami selama di Prancis.

Untuk kebutuhan itu hari ini kami akan bertemu dengan Head Master dari 3 Lycees dan BTS. Bertempat di Lycee de Fecamp. Kami sudah dilokasi 2 jam sebelum acara dimulai. Untuk mengisi waktu selama menunggu kami diarahkan menuju ke perpustakaan sekolah. Dan dipandu langsung oleh orang nomer 1 disekolah ini, Pinel Didier.

Mr. Pinel Didier adalah Head Master di 3 institusi pendidikan yang berbeda, model kepemimpinan seperti ini tidak ada di Indonesia. Lycee Guy de Maupassaunt (general dan technological), Lycee Rene Descartes (Vocational – SMK) dan BTS. Khusus Wakil Kepala Sekolah di BTS menjadi satu dengan Lycee Guy de Maupassaunt.

Dengan langkahnya yang panjang dan cepat Mr. Pinel mengantar kami ke Perpustakaan. Disana ada penjaga perpus ( Professeur Documentaliste – Guru khusus yang bekerja mengurusi dokumen). Dia begitu telaten menjelaskan banyak hal kepada kami. Mulai dari pencatatan buku yang baru datang, menginformasikan tugas yang diberikan oleh guru, membuka email sekaligus menginformasikan pada yang berkepentingan dan banyak hal teknis yang dia lakukan tidak seperti penjaga perpus pada umumnya.

Untuk menjadi Professeur Documentaliste (penjaga perpus) harus lulus dari ujian khusus dibidang ini. Kemudian menjalani pendampingan guru senior selama 1 tahun. Setelah dianggap berhasil dan mumpuni baru bisa ditugaskan ke sekolah-sekolah yang membutuhkan.

Tak lama kemudian Mr. Pinel membawa kami ke la chambre de l’enseignant  (Ruang Guru). Tidak tampak seperti ruang guru di Indonesia, tapi hampir sama dengan ruang keluarga terdapat banyak sofa yang diatur pada posisi 5 tempat. Sebelah ujung agak pinggir terdapat 2 mesin foto kopi lengkap dengan alat pemotong kertasnya.

Itu semua fasilitas yang diberikan sekolah untuk guru dalam rangka mempersiapkan bahan ajarnya. Diruang ini tidak ada tukang foto kopi, guru-guru melakukannya sendiri (tidak semanja di Indonesia). Tapi menurut Mr. Didier mereka lebih suka mengerjakan semua persiapan mengajar dirumah, hanya sebagian kecil disekolah, itupun kalau mendadak dan mendesak.

Tidak lama kemudian datang beberapa orang yang baru pagi itu kami lihat. Mereka langsung dengan ramah menjabat tangan kami. Ternyata mereka berasal dari lembaga-lembaga yang akan kami kunjungi. Dan kami langsung menuju tempat pertemuan.

Menurut rencana, selama di Prancis kami berada di daerah Normandie, tepatnya di Haute-Normandie dengan Rouen sebagai Ibu Kotanya. Normandie adalah sebuah region/ Provinsi, dulu hanya ada Normandie saja. Kemudian pada tahun 1965 dipecah menjadi Haute-Normandie dan Basse-Normandie.

Sepanjang perjalanan didaerah Normandie akan banyak ditemui tanaman Colza, sejenis tanaman yang bijinya dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan minyak. Baunya sangat menyengat dan pengar. Sejauh mata memandang terlihat menghampar bak permadani, dengan warna khas kuning.

About Light 4 All

Berbagi untuk Bersama

Posted on August 27, 2015, in Inspirasi Kita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Memberikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s