Live From France (2) Briefing

a

JAKARTA – Tahun ini (2015) untuk pertama kalinya Indonesia-Prancis menjalin kerjasama Campus des Metiers Qualification Energies et Efficacite Energetieque semacam kerjasama dibidang Elektronika, Automotive, Welding, Maintenance and Repair yang diselenggarakan di Prancis.  Tim yang diberangkatkan diambil dari SMK-SMK terbaik di Indonesia dan dari Widyaswara. Setelah melalui proses seleksi selama 1 bulan terpilihlah 6 orang. Program ini dibidani oleh Dit. Pembinaan SMK Kemdikbud RI.

Malam ini (Rabu, 15 April 2015) Tim akan bertemu dengan Direktur PSMK M. Mustaghfirin Amin, MBA untuk briefing tentang tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan selama di Prancis. Dalam pertemuan itu juga hadir Bagiono DS dari SEAMOLEC. Seperti yang diungkapkan Direktur PSMK bahwa hubungan kerjasama ini adalah yang pertama. Sebelumnya juga ada kerjasama antar Indonesia – Prancis hanya sebatas kunjungan studi banding dan hubungan antar individu. Tapi kali ini hubungan itu lebih konkrit dalam bentuk partnership in the equal position, sifatnya sama-sama belajar.

Lebih jauh, Direktur PSMK menegaskan Tim yang dikirim ke Prancis sekaligus menjadi Duta yang akan menentukan sustainability hubungan selanjutnya. Jika dalam proses ini ada nilai positif yang didapatkan antar kedua Negara maka di tahun-tahun selanjutnya hubungan ini akan berlanjut.

Bagiono DS, sebagai orang yang pernah hidup bertahun-tahun di Prancis juga berpesan agar selama di Prancis tidak malu untuk bertanya ketika ada hal-hal memang perlu dipertanyakan. Karena orang Prancis akan lebih suka ketika tamunya terlihat antusias dan semangat. Juga setiap ada pertemuan atau membuat janji dengan orang harus tepat waktu.

Tim yang terdiri dari 6 personil ini berasal dari SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi (Badrut Tamam, ST), SMKN 1 Singosari (Haryono, S.Pd), SMKN 1 Batam (Junaidi, S.Pd), SMK PGRI 3 Kota Malang (Bambang Tamayana, S.Pd) dan dari VEDC Malang (M. Syarif, S.Pd.,M.Pd, Dadang Agus, S.Pd., M.Pd).

Mereka akan berada di Prancis terhitung mulai tanggal 18 April sampai 13 Juni 2015. Yang akan berbaur dengan beberapa BTS dan perusahaan. Juga akan uji coba mesin CNC (Computer Numerical Control) yang sedianya akan dikirim ke Indonesia pada tahun 2015 ini. (tam)

About Light 4 All

Berbagi untuk Bersama

Posted on August 28, 2015, in Perjalanan ke Perancis. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Memberikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s