Live From France (6) Lycees de Fecamp I

FECAMP – System pendidikan di Prancis dimulai dari Ecole Maternelle/ Kinderganden (Taman Kanak-kanak) untuk anak-anak usia 3 – 6 tahun.  Dan pada usia 6 – 11 masuk di ecole elementaire atau setingkat Sekolah Dasar. Kemudian College (setingkat SMP) pada usia 11-15 tahun.  Sampai pada level pendidikan ini semuanya relative sama. Baru kemudian level pendidikan diatasnya ada

Lycee, berarti sekolah menengah atas. Sama persis dengan Indonesia.

Jika di Indonesia ada SMA, SMU, MA dan SMK di Prancis ada Lycee: General, Technological dan Vocational. General ini arahnya untuk mereka yang ingin melanjutkan sekolah yang lebih tinggi (kemungkinan kecil minat untuk bekerja). Sedangkan pada Lycee Vocational lebih pada professionalitas yang kecenderungannya ke dunia kerja.

Setelah level pendidikan menengah atas ini selesai, barulah ada system pendidikan yang sangat berbeda dengan Indonesia. Pertama: Lulusan Menengah Atas (SMA dan Sederajad) bisa melanjutkan ke Diploma (STC/ BTS) dan Licence atau kalau di Indonesia lebih dikenal dengan S1. Setelah itu melanjutkan ke level yang lebih tinggi: Master.

Kedua, ada juga yang lembaga pendidikan yang disebut dengan Engineering Course. Sebuah lembaga prestisius yang dihuni oleh orang-orang menengah keatas. Dan levelnya setingkat S1 dan S2. Tidak semua orang bisa masuk pada pendidikan ini (engineering course). Dan semua lulusan sudah rata-rata unggul dalam kualifikasi keilmuannya.

Hari ini kunjungan pertama langsung ke Lycee Guy Mauppassant (sekolah setingkat SMA) di Fecamp. Dan di lokasi yang sama terdapat Lycee Rene Descartes (SMK) dan BTS (setingkat diploma).

Di halaman sekolah ada banyak anak muda duduk santai sambil berjemur. Sesekali mereka tertawa bercanda dengan temannya. Saat kami akan masuk pintu gerbang mereka menyapa kami dengan salam khas Prancis: Bonjour. Kata ini bisa berarti ‘Selamat Pagi’ Selamat Siang dan Sore. Bonjour juga bisa berarti ‘Hai..’ atau ‘Hallo..’. tetapi bagi mereka yang sudah kenal dekat biasa menggunakan ‘Salut..’ untuk mengucapkan kata ‘Hallo…’.

Kami langsung diarahkan ke ruang kepala sekolah: Monsiur Pinel Didier. Disana juga ada Philip yang sebelumnya sempat bertemu dengan kami saat mengantar mobil yang akan kami pakai selama di Prancis. Dia kelihatan ramah dan hangat menyambut kami.

Philip adalah seorang guru di General Lycee Guy Maupassant. Dia juga bertidak sebagai guide yang mengantar kami mengelilingi sekolah ini. 1 tahun yang lalu dia pergi ke Indonesia sebagai duta yang mengawali kerjasama Indonesia-Prancis.

Setelah bincang-bincang sejenak diruang kepala sekolah, kami langsung diajak ke lokasi eksperimen Renewable energy. Di pintu masuk sudah terpampang Komponen dan Sistem Kerja Solar Panel. Panel Surya/ Solar Cell berfungsi untuk merubah tenaga matahari menjadi tenaga listrik. Terdapat Controller berfungsi mengatur aliran listrik dari Panel Surya dan  ke peralatan rumah tangga. Dan juga ada inverter dan Converter untuk mengkonversi arus DC-DC dan DC-AC. Tentunya juga disediakan Batere, tanpa batere energy surya hanya dapat digunakan pada saat ada matahari.

Tepat dibelakang ruangan ini ada baling-baling raksasa yang berputar pelan tapi pasti. Itulah pembangkit Listrik Tenaga Bayu atau biasa disebut dengan Wind Turbine. Jika disekitar pantai di Fecamp (suatu daerah dekat Lycee Gay Maupassant) terdapat banyak Wind Turbine yang digunakan sebagai sumber listrik masyarakat sekitar di sekolah ini hanya ada 1, karena memang hanya dibuat sebagai bahan eksperimentasi.

Masih dilokasi yang sama kami lihat ada tandon air sangat besar, kebutuhan air disekolah diambil dari sini. Orang Prancis menyebutnya chateau d’eau (Menara Air). Chateau d’eau banyak terlihat di dekat rumah-rumah di sekitar Normandie dan tempat-tempat lain di Prancis. Kebutuhan air bersih masyarakat diambil dari sini juga. Dan airnya bisa langsung dikonsumsi, tidak ada bau kaporit atau bahan kimia lainnya. (tim6)

About Light 4 All

Berbagi untuk Bersama

Posted on August 28, 2015, in Perjalanan ke Perancis. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Memberikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s