Dunia Digital Bagian 1

Saat ini migrasi dari dunia nyata ke dunia maya sudah semakin nyata. Banyak hal-hal yang penuh prosedural, ribet dan ketergantungan pada ruang dan waktu sudah dapat dijembatani di dunia maya, dapat diakses kapan dan dimanapun berada selama tersambung dengan internet, dan punya PC/Laptop tentunya hehehe…

Sobat pembaca yang budiman, itulah kenyataan sejarah yang tidak dapat kita pungkiri. Artinya, bagaimanapun kita harus ikut dalam gelombang kemajuan teknologi itu. Idealnya, kemajuan teknologi dapat membantu menringankan beban manusia. Dulu ketika mesin cetak kertas bahkan ketika tinta masih belum ditemukan, transformasi ilmu pengetahuan tidak secepat ketika tinta dan kertas ditemukan, sapa ya penemunya??? Penulis sendiri tidak tahu hehehehe

Saat ini, banyak orang menyebutnya dengan Era Digital. Sejak ditemukannya bilangan digital (biner). Pengiriman data dan informasi sudah dalam hitungan detik. Mungkin dulu ketika kita mau korespondensi dengan teman atau saudara kita yang nun jauh disana, diluar negeri misalnya, masih membutuhkan jangka waktu lama dan memakan banyak biaya. Sekarang, sekali tulis sms dalam hitunga detik pesan kita sudah tersampaikan pada orang yang kita tuju.

Dulu, orang diam dipojok kamar sambil memegang telinga dan ngomong sendirian, orang menganggapnya sebagai orang yang kurang waras, ngomong sendiri. Tapi kini setelah ditemukan telpon seluler itu menjadi hal yang biasa. Orang yang komunikasi lewat telpon sekarang, mungkin jaman dulu hanya bisa dilakukan oleh orang sakti, sekarang kita orang awam bahkan anak kecil sudah bisa melakukan itu dengan telpon seluler.

Dahsyat sekali zaman digital ini. Tidak salah ketika Thomas L. Friedman dalam bukunya The World is Flat mengatakan bahwa dunia ini sudah datar. Masudnya datar adalah arus informasi dan komunikasi manusia didunia itu sudah tidak dibatasi dengan ruang dan waktu sejak ditemukannya teknologi digital.

Tahukah kita apa dasar utama Dunia Digital itu? tidak lain dan tidak bukan karena ditemukannya bilangan biner. Ok, dalam tulisan kali ini saya akan bahas sedikit apa itu bilangan digital.

Biner adalah sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1. Sistem bilangan biner modern ditemukan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz pada abad ke-17, untuk lebih lengkapnya mengenai biner silahkan lihat di wikimapia. Karena penulis juga nyontek disana hehehe…

Angka 1 dan 0 itulah yang kemudian menjadi ruh dari dunia digital. Cotohnya: Dalam contoh ini saya awali denga pertanyaan. Ada sekian juta atau bahkan miliaran komputer di dunia ini, semua memungkin berkomunikasi lewat internet, mengapa komputer satu dengan lainnya jarang Crush  (baca: kres). Ok, lanjut, pertanyaan selanjutnya adalah kita persempit ke jaringan lokal. Ada 25 komputer dalam satu warnet, ke-25 komputer tersebut bisa bertukar data, berbagi informasi bahkan bisa sharing internet. Pernahkah Anda berfikir apa yang menyebabkab semua komputer tersebut bisa tersambung? mungkin teman-teman TKJ akan menjawab ada Kabel UTP dan RJ45 sebagai transmisi dan konektornya. Tapi, cukupkah hanya dengan disambungkan begitu lantas bisa komunikasi? Ternyata tidak, Walaupun secara fisik sudah tersambung tapi tidak dikonfigurasi komputer-komputer tersebut tidak bisa komunikasi.

Lantas bagaimana? Seting-lah IP Address masing-masing komputer sesuai dengan kebutuhan. Untuk jaringan lokal bisanya menggunakan IP Address kelas C karena jumlah host-nya sedikit.

Tahukah Anda dari mana asal muasal IP Address tersebut? Dari konversi bilangan biner. Bingung ya??? hehehe….

Ok, terlalu panjang ya kayaknya. Bagi Anda yang tertarik lanjutan kisahnya hehehe. Penulis bagi beberapa bagian:

  • Dunia Digital Bagian 2 : Memabahas tentang Bilangan Biner
  • Dunia Digital Bagian 3 : Rahasia Biner dalam kehidupan kita.
  • Dunia Digital Bagian 4 : Aplikasi Pendataan Online
  • Dunia Digital Bagian 5 : AplikasiPolling Online
  • Dunia Digital Bagian 6 : Aplikasi Ujian Online
  • Dunia Digital Bagian 7 : Aplikasi Pendaftaran Online

Memberikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s